Halaman

Senin, 20 Oktober 2014

ISO 3166

 


International Organization for Standardization ( ISO) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tetapi sekarang lebih sering memakai singkatan ISO, karena dalam bahasa Yunani isos berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.
Didirikan pada 23 Februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO, yang merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya. Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
Meski ISO adalah organisasi nonpemerintah, kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum melalui persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh daripada kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya, dan dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.
ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.
Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:
·         Meningkatkan citra perusahaan
·         Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
·         Meningkatkan efisiensi kegiatan
·         Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
·         Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
·         Mengurangi risiko usaha
·         Meningkatkan daya saing
·         Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
·         Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal
ISO 3166 – Kode Negara
Apa itu ISO 3166?
ISO 3166 adalah standar yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Ini mendefinisikan kodeuntuk nama-nama negara , wilayah tergantung , area khusus yang menarik geografis, dan pokok subdivisi (misalnya, provinsi atau negara bagian ). Nama resmi dari standar ini adalah Kode untuk representasi nama negara dan subdivisi mereka.
ISO 3166 adalah standar internasional untuk kode negara dan kode untuk subdivisi mereka.
Tujuan dari ISO 3166 adalah untuk menentukan kode yang diakui secara internasional dari huruf dan / atau angka yang dapat kita gunakan ketika kita lihat negara dan subdivisi. Namun, itu tidak menentukan nama-nama negara - informasi ini berasal dari sumber PBB (Terminologi Buletin Negara Nama dan Negara dan Kode Wilayah untuk statistik penggunaan dikelola oleh Statistik PBB Divisi).
Menggunakan kode menghemat waktu dan menghindari kesalahan seperti daripada menggunakan nama suatu negara (yang akan berubah tergantung pada bahasa yang digunakan) kita dapat menggunakan kombinasi huruf dan / atau angka yang dipahami seluruh dunia.

Misalnya, semua organisasi pos nasional di seluruh dunia bertukar kiriman internasional dalam wadah diidentifikasi dengan kode negara yang bersangkutan.Sistem nama domain Internet menggunakan kode untuk menentukan nama domain tingkat atas seperti 'fr' untuk Perancis, 'au' untuk Australia. Di mesin yang dapat dibaca paspor, kode ini digunakan untuk menentukan kewarganegaraan dari pengguna dan ketika kita mengirim uang dari satu bank ke bank lain negara kode adalah cara untuk mengidentifikasi di mana bank didasarkan.

 
ISO 3166 Maintenance Agency
 
Standar ISO 3166 dipertahankan oleh Badan ISO 3166 Maintenance (ISO 3166 / MA), yang terletak di kantor pusat ISO di Jenewa , Swiss . Awalnya itu terletak di Deutsches Institut für Normung (DIN) di Berlin , Jerman . Tugas utamanya adalah: 
·         Untuk menambah dan menghilangkan nama negara (masing-masing, nama negara subdivisi) dan untuk menetapkan elemen kode untuk mereka;
·         Untuk mempublikasikan daftar nama-nama negara (masing-masing, nama negara subdivisi) dan elemen kode;
·         Untuk mempertahankan daftar referensi dari semua elemen kode negara dan elemen kode negara subdivisi digunakan dan masa penggunaan;
·         Untuk mengeluarkan newsletter mengumumkan perubahan pada tabel kode;
·         Untuk menyarankan pengguna pada penerapan ISO 3166.

Anggota 

Ada sepuluh ahli dengan hak suara pada ISO 3166 / MA. Lima adalah perwakilan dari nasional organisasi standar :
·         Asosiasi française de normalisasi (AFNOR) - Prancis
·         American National Standards Institute (ANSI) - Amerika Serikat
·         British Standards Institution (BSI) - Inggris Raya
·         Deutsches Institut für Normung (DIN) - Jerman
·         Swedish Standards Institute (SIS) - Swedia
Lima lainnya adalah perwakilan dari besar badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau lainnya organisasi internasional yang semua pengguna ISO 3166-1:
·         Badan Energi Atom Internasional (IAEA)
·         International Telecommunication Union (ITU)
·         Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN)
·         Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (UNECE)
·         Universal Postal Union (UPU)
The ISO 3166 / MA memiliki lebih terkait anggota yang tidak berpartisipasi dalam penilaian tetapi yang, melalui keahlian mereka, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prosedur keputusan pengambilan di kantor pemeliharaan.
Bagaimana saya bisa mengakses ISO 3166?
 
Kode di ISO 3166 tersedia di online Browsing platform . Informasi pada OBP selalu up to date dan Anda dapat mendaftar untuk pemberitahuan dihubungi jika ada perubahan dengan mengklik fungsi berikut di sudut kanan atas.
Kami juga memiliki produk, koleksi online dari kode negara , yang memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan kode ini ke dalam sistem Anda sendiri. Layanan berlangganan tahunan ini memungkinkan Anda untuk men-download daftar resmi kode (XLS, .XML dan Format CSV) dan memberitahu Anda jika ada perubahan sehingga Anda dapat men-download versi terbaru. Dengan cara ini, Anda dapat yakin bahwa database Anda selalu menggunakan informasi yang paling up-to-date dari seorang pejabat dan sumber ISO yang didukung.
 
sumber: 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.