Halaman

Sabtu, 10 Mei 2014

Kuis 9 : Materi Pasar Monopoli

Kuis Minggu ke 9
Jelaskan dengan terperinci :
  1. Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
  2. Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ? jelaskan dan berikan contoh ?
  3. Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
  4. Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
  5. Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoli ?
Jawab :
  1. Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Pasar Monopolistik adalah  salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.

  1. Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunya satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli. Contohnya untuk pasar monopoli adalah PLN, PT. KAI, Microsoft Windows, dll. Kalau untuk pasar monopolistis contohnya adalah Makanan ringan (snack), Pulpen, Buku, dll.
  1. Keuntungan pasar monopoli yaitu keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya

  1. a) Kebaikan pasar monopoli
    1. Dengan keuntungan yang diperolen=hnya, perusahaa dapatmelakukan penelitian/
        pengembangan produknya.
    2. Adanya efisiensi usaha karena produksinya dilakukan dalam skalabesar.
       
 b)    kelemahan pasar monopoli
  1. Tidak adanya pemerataan distribusi pendapatan.
  2. Kemungkinan harga yang ditetapkan tidak dalam tingkat rendah.
  3. Masyarakat tidak memiliki banyak  pilihan dalam mengonsumsi barang dan jasa.

  1. Pasar oligopoly adalah Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.