Halaman

Kamis, 19 Maret 2015

Contoh Abstrak

Penulisan Abstrak Tesis


Ilustrasi abstrak tesis
Dalam membuat sebuah tesis, tentunya kita akan membuat sebuah abstrak tesis pula untuk melengkapinya. Abstrak ini merupakan uraian atau rangkuman dari hasil keseluruhan penelitian yang terdapat pada sebuah tesis yang menjadi syarat utama alam pembuatan tesis terebut. Sedangakan tesis sendiri merupakan tugas akhir sebagai sarjana strata dua untuk mencapai gelar magister di perguruan tinggi. Penulisan abstrak tesis sendiri dimaksudkan untuk mempermudah pembaca untuk mengetahui isi dari tesis yang dibuat. Penulisan abstrak ini, tidak hanya ada di dalam tesis sja, melainkan terdapat juga di karya ilmiah lainnya.
Abstrak tesis ini membantu prang yang tidak mengetahui suatu karya ilmiah yang dalam hal ini tesis untuk mengrtahui ruang lingkuo penelitian yang dituliskan ke dalam tesis tersebut. Penelitian yang pada umumnya bersifat objektif akan terbantu dengan adanya abstrak yang menguraikan inti dari penelitian tersebut dengan lebih ringkas. Abstrak ini tidak hanya ada di dalam penulisan ilmiah saja, abstrak juga di perlukan dalam seminar – seminar.

Abstrak merupakan langkah awal bagi pembaca sebuah tesis dalam pengujian sebelum membaca aertikel yang anda buat. Abstrak merupakan penentuan apakah artikel ilmiah yang anda buat menarik atau tidak untuk para pembaca. Selain itu, dalam karya ilmiah juga abstrak merupakan hal terpenting keberadaannya.
Abstrak menurut American National Standards Institute ialah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Dapat di jelaskan, abstrak merupakan suatu ringkasan yang singkat dari isi suatu dokumen yang terdoiri dari inti – inti oenting dalam suatu tulisan yang mencakup pada deskripsi dan hal penting lainnya.
Sedangkan untuk pengsrtian khusus abstrak ialah suatu hal yang di tidak mengacu pada objek atau peristiwa khusus lainnya. Dalam penyajiannya, abstrak menyajikan secara simbolis dan secara terkonsep serta juga secara imajinatif yang tidak di alami secara langsung.
Abstrak dalam pembuatannya hanya di perbolehkan dalam satu halaman. Hal ini di maksudkan karean pengertian abstrak itu sendiri yang merupakan ringkasan, sehingga banyaknya halamanpun di batasi. Dalam halaman abstrak ini, poin – poin yang dimuat hanyalah poin yang penting saja. Dan penggunaan bahasa dalam abstrak ini pun digunakan dalam dua bahasa, yaitu bahasa internasional yaitu bahasa Inggris dan bahasa negara sendiri.

Fungsi Abstrak

Fungsi adanya abstrak adalah memberikan informasi singkat kepada pembaca perihal hasil penelitian yang di buat. Uraian yang di buat sengaja satu halaman itu pun memudahkan abstrak dapat di publikasikan ke internet. Tentunya ini akan memudahkan anda dalam membaca dan mengevaluasi hasil dar penelitian yang anda lakukan.
Abstrak dapat membantu orang lain juga untuk bisa menemukan referensi yang ia cari dengan menyimak dan membaca sebuah abstrak yang telah di buat. Dengan halaman abstrak yang hanya satu lembar, tentunya akan menambah lagi kemudahan kita untuk mengetahui isi dari sebuah tesis yang ada berlembar – lembar. Tanpa membaca seluruh hasil penelitian dalam tesis, informasi tentang suatu penelitian dalam tesis bisa di lakukan dengan membaca abstrak tesis saja.
Adanya abstrak tesis tentunya, tesis yang kita buat akan terhindar dari apa yang di sebut dengan tindakan plagiasi yang tidak bertanggung jawab. Hal ini di karenakan kita bisa menampilkan hasil penelitian kita hanya dengan abstrak saja. Abstrak ini dapat di sebarluaskan karena isinya yang merupakan inti dari semua tesis yang didalamnya terdapat penelitian yang telah di buat sedangkan penelitiannya sendiri tetap bisa kita simpan dengan baik tanpa ada yang bisa menirunya.

Isi Abstrak

Bla dilihat dari pengertiannya, mungkin abstrak tesis ini bisa dikatakan mudah untuk dikerjakan, namun pada kenyataannya abstrak ini membutuhkan keahlian dala pembuatannya. Abstrak mengharuskan kita untuk merangkum dari beratus – ratus halaman menjadi satu halaman saja. Bisa di bayangkan tingkat kesulitan yang harus kita hadapi dalam pembuatan abstrak tesis ini.
Abstrak sendiri merupakan rangkuman dari semua penelitian yang di tuliskan dalam sebuah tesis yang jumlah halamannnya beratus – ratus. Tentunya ini membuat kita harus memperhatikan juga bahasa yang di pakaia dalam pembuatan abstrak tersebut. Memang tidak mudah untuk kita membuat suatu abstrak tesis dalam penelitian yang kita buat ini. Namuan tetap saja kita harus membuatnya karena suatu abstrak itu penting adanya dalam semua karya ilmiah yang kita buat.
Dalam abstrak tesis ini tentinya mempunyai usnur – unsur yang terkandung dalam abstrak tersebut. Isi dalam abstrak tersebut meliputi judul tesis atau penelitian yang di lakukan, rumusan masalah, teknik pengumpulan data, analisis data, hasil serta kesimpulan yang telah dilakuakn dalam penelitian yang di lakuakn. Semuanya terdapat dalam satu halaman abstrak. Dengan begitu, bahasa dalam pembuatan abstrak ini tidak terlalu panjang taua terlalu berbelit – belit. Dalam membuat abstrak ini kita gunakan bahasa yang singkat padat dan jelas sehingga kesemuanya memenuhi syarat dalam pembuatan abstrak tersebut.
Berikut adalah uraian dalam isi abstrak yang bisa gunakan sebagai referensi dalam pembuatan abstrak tesis atau karya ilmiah lainnya ;
  1. Paragraf pertama ringkasan dari latar belakang dar tesisi yang telah kita buat;
  2. Paragraf kedua berupa ringakasan dari kajian teori yang telah kita uraikan dalam tesis tersebut,
  3. Paragraf ketiga bisa kita tuliskan sebagai ringkasan dari metologi sebuah karya ilmiah tersebut,
  4. Paragraf ke empat merupakan ringkasan dari analisis dan pembahasan mengenai penlitian yang kita lakukan,
  5. Paragraf kelima merupakan isi dari ribgkasan kesimpulan, saran, dan penutp yang kita buata dalam tesis tersebut.
Untuk memperjelas para pembaca agar dengan mudah bisa memahami isi dari tesis yang kita buat dengan abstrak tersebut, maka alangkah baiknya kita ikuti unsur jurnalistik yang mengedepankan 5W+1H yaitu What, Who, Where, When, Why, dan How. Metode tersebut akan mempermudah kita dalam pembuatan abstrak tesis tersebut.

Tips Membuat Abstrak

Dengan melihat syarat dalam pembuatan abstrak yang hanya boleh dalam satu halaman saja, tentnya kita tidak boleh membahas suatu kalimat yang panjang lebar. Tentunya kita harus memikirkan jauh lebih baik lagi dalam menyusun abstrak tesis atau karya ilmiah lainnya. Ada juga karya ilmiah lain yang membuat abstrak yang cukup panjang dengan disertai dengan dukungan data – data yang lengkap, biasanya ini digunakan dalam seminar atau konferensi – konferensi saja dan disebut dengan abstrak extended.
Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapa kita lakukan dalam penyusunan abstrak tesisi agar lebih mudah;
  1. Kita terlebih dahulu membaca, dan kemudian mencari ide pokok dalam suatu bab yang ada dalam tesis yang kita buat tersebut atau yang biasa di sebut juga dengan retrieval reading.
  2. Dalam membaca setiapa bab yang telah kita buat dalam penulisan penelitian dalam tesis tersebut, kita membacanya dengan cara kreatif, yaitu menyerapa apa yang telah kita tulis dalam tesisi tersbut sehingga ide pokok pun akan ditemukan,
  3. Kemudian kita juga harus membaca dengan kritis, ini dimaksudkan untuk kita supaya bisa membuat abstrak ini lebih di pahami oleh kita terlebih dahulu dan kemudian bisa juga di pahami oleh orang banyak.

 Komentar :
Demikianlah hal - hal yang berkaitan tentang abstrak tesis. Setiap orang dalam hal pembuatan tesis, karya ilmiah, atau artikel apapun yang mengharuskan adanya tesis selalu menjadi beban tersendiri dalam pembuatannya. Dengan adanya pengetahuan dan penjelasan tentang abstrak itu sendiri mungkin sedikit banyaknya dapat membantu anda dalam pembuatan abstrak dalam tesis yang anda buat.
Sejatinya abstrak merupakan sebuah rangkuman yang berisi tentang apa - apa yang terdapat dalam tesis anda, sehingga dengan membuat tesis sendiri anda dapat membuat abstrak tesis anda tanpa kesulitan yang berarti. Hanya saja Abstrak tesis yang akan anda buat ini dapat anda tulis rangkaiannya dahulu sehingga mempermudah anda dalam pembuatan abstrak tersebut.

sumber:
http://www.anneahira.com/abstrak-tesis.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.