- Metaphor (Metafora)
Metaphor atau metafora merupakan sebuah aplikasi dari nama atau
deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah.
aplikasi ini menghubungkan antara presentasi dan elemen-elemen visual
dengan item-item yang berkaitan. Contoh dari Metaphor adalah website
toko online yang dimana pengunjung dibawa ke tempat seolah-olah mereka
benar ada di toko online tersebut.
- Clarity (Kejelasan)
Setiap membuat desain kita harus ada alasan yang kuat atau masuk akal
dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu
interface yang kita buat, contoh peletakan suatu button, pembuat harus
memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat tersebut. Penggunaan elemen
yang lebih sedikit akan lebih baik. Penggunaan background berwarna
putih dianjurkan untuk memimpin mata dan membuat mata tidak lelah dengan
aktifitas elemen yang ada pada suatu website.
- Consistency (Ketetapan)
Dalam membuat desain haruslah memliki konsistensi dalam tampilan,
pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan pada
suatu website), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun
antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap
platform mungkin memiliki panduannya.
- Alignment (Perataan)
Untuk perataan desain dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah.
Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left
alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk
menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan
bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis
horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen
window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang
berhubungan dan memudahkan perataannya.
- Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan
karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara
item-item tersebut.
Didalam artikel jika ada artikel penting namun terusan artikel ini
berbeda halaman tentu membuat pembaca jengkel dibuatnya.
- Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian tampilan akan membuat pengunjung blog tertarik pada blog
tsb. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat
keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk
memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras
digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk
men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi
highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan.
Kontras juga mendukung skimming secara cepat. Walaupun background dari
website ini tidak memenuhi criteria suatu web.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://afinaa.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.