Halaman

Sabtu, 05 Oktober 2013

3. Pengalaman Berorganisasi Teori

Pengalaman Tertang Organisasi
        Organisasi merupakan sekumpulan 2 orang atau lebih yang disusun dalam suatu kelompok kemudian bekerja sama untuk mencapi tujuan bersama. Organisasi ini ada berbagai macam dan bidang-bidang tertentu yang sesuai dengan tujuannya. Disini Organisasi yang pernah saya ikuti dan alami yaitu organisasi PMR(Palang Merah Remaja) yang merupakan salah satu organisasi yang terbentuk di sekolah. PMR adalah organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia(PMI) yang berpusat disekolah-sekolah dan bertujuan memberikan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan umum dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.

         Pada awal saya bergabung dengan organisasi ini pengetahuan saya terhadap ilmu  kesehatan masih sangat minim begitu pun untuk pertolongan pada kecelakaan. Organisasi ini mengajarkan saya banyak hal pengetahuan tentang kesehatan dan tata cara bagaimana menjaga kesehatan untuk diri sendiri ataupun tata cara untuk menolong orang lain. Diselang pulang sekolah organisasi ini mempunyai jadwal untuk berkumpul dan disaat berkumpul inilah diajarkan semua berhubungan dengan Palang Merah dan berbagi pengalaman dengan semua anggota-anggota PMR yang lain. Bukan hanya ilmu yang didapat dengan masuknya ke dalam organisasi dan berkumpul semakin bertambahnya relasi teman yang mempunyai tujuan sama dalam organisasi ini. Organisasi ini pun bertujuan agar dapat menolong orang lain secara cepat dan berhati-hati. Maka semua anggota pun diberikan pengarahan agar dapat menolong orang dengan prinsip P3K(Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang seluruh anggota organisasi harus bisa  mempelajarinya dengan benar agar tujuan organisasi benar-benar berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan pertolongan. PMR ini mempunyai tugas yang harus dilaksanakan oleh seluruh bagian dari organisasi atau yang disebut TRIBAKTI PMR yaitu meningkatkan keterampilan hidup sehat berkarya dan berbakti kepada masyarakat kemudian mempererat persahabatan nasional dan internasional. Prinsip tersebut merupakan suatu tugas yang harus selalu saya ingat dalam organisasi ini disamping agar tercapai tujuan bersama.

        Dalam organisasi ini pun saya banyak belajar hal-hal bagaimana berbakti kepada anggota organisasi maupun kepada masyarakat lain yang membutuhkan pertolongan. Bukan hanya ilmu kesehatan akan tetapi kami pun diberi pengarahan bagaiman bekerja sama yang baik dengan anggota-anggota lain atau teman-teman dalam satu organisasi ini karena mempunyai tujuan yang sama. Dan diberikan pengajaran bagaimana agar kita menjadi anggota-anggota yang bermanfaat dalam organisasi untuk masyarakat sekolah dan orang lain.

          Demikian pengalaman yang saya dapatkan dalam berorganisasi banyak hal yang dialami dan dipelajari dimulai dari pengetahuan menjadi lebih banyak, menambah relasi, bagaimana bekerja sama yang baik dalam satu organisasi dengan tujuan yang sama dan semua itu bermafaat untuk diri sendiri dan orang lain.

sumber :
http://teoru.blogspot.com/2012/11/pengalama-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.